SOSIALISASI PERPAJAKAN BERSAMA KELOMPOK STUDI PAJAK UKDW DI SMA BUDI UTAMA DENGAN TEMA “TRADING SAHAM & KRIPTO: KENALI ASPEK PAJAKNYA”

Dalam rangka merealisasikan Program Pengabdian Kepada Masyarakat, Kelompok Studi Pajak (KSP) Fakultas Bisnis program studi Akuntansi UKDW, kembali menyelenggarakan kegiatan sosialisasi perpajakan kepada siswa/i Sekolah Menengah Atas (SMA), bekerja sama dengan Galeri Investasi, memberi gambaran mengenai dasar-dasar perpajakan dibidang trading saham dan kripto kepada siswa/i dengan tema “Trading Saham dan Kripto: Kenali Aspek Pajaknya”, yang dilaksanakan pada hari Rabu, 12 Oktober 2022 bertempat ruang Audio Visual SMA Budi Utama Yogyakarta, dan diikuti oleh seluruh peserta didik kelas XI IPA dan IPS sebanyak 74 siswa/i. Diharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi ini akan berdampak pada pemahaman dan pengetahuan peserta didik sehingga mereka dapat mengenal pajak dengan baik dan timbul rasa peka pajak yang nantinya dapat membentuk karakter taat pajak pada siswa/i.

Kegiatan sosialisasi dibuka oleh MC perwakilan dari Kelompok Studi Pajak, serta dalam pembukaan kegiatan ini diisi juga dengan penjelasan mengenai program studi Akuntansi UKDW oleh Ibu Dielanova Wynni Yuanita, S.E., M.Sc., BKP., selaku Dosen Pembimbing Kelompok Studi Pajak, dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi pengantar mengenai investasi termasuk saham dan kripto yang dipaparkan oleh ibu Ririn Safitri, M.M., CPF., selaku perwakilan Galeri Investasi UKDW. 

Pemaparan materi selanjutnya disampaikan oleh Robertus Faden W. dan Bertin Dondatu, yang merupakan perwakilan dari KSP. Dalam pemaparan materi ini dijelaskan bahwa tema yang diangkat ini berkaitan dengan maraknya praktek trading yang akhir-akhir ini sering terdengar dan banyak dilakukan oleh masyarakat umum, bahkan para pelajar juga sudah mulai melakukannya. Namun tidak semua mengetahui bahwa aktivitas trading ini juga dikenakan pajak. Oleh sebab itu, kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan agar dapat memberi informasi dan gambaran mengenai aspek pajak trading khususnya trading saham dan trading kripto kepada siswa/i.  Kegiatan sosialisasi ini mendapat respon positif dari siswa/i yang mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini, mereka begitu antusias menyimak materi yang disampaikan oleh pemateri mulai dari awal hingga selesai.

Untuk menambah semangat dan antusias dari peserta kegiatan sosialisasi ini, setelah sesi pemaparan materi, KSP mengadakan games dan memberikan hadiah kepada pemenangnya. Sesi games ini tidak hanya sebagai hiburan tetapi menjadi tolak ukur seberapa paham peserta sosialisasi dengan materi yang dipaparkan melalui games pertanyaan. Setelah sesi games dan penyerahan hadiah kepada para pemenang selesai, kegiatan sosialisasi ini diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan plakat yang diserahkan oleh ibu Dielanova Wynni Yuanita, S.E., M.Sc., BKP., selaku dosen pendamping dari KSP dan diterima oleh pihak SMA Budi Utama. Seluruh rangkaian kegiatan sosialisasi ini ditutup dengan mengucapkan dan foto bersama.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
X