Jumat, 1 Juli 2022, Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Kristen Duta Wacana (HMPSA UKDW) mengadakan acara Career Talk 2022 dengan tema “Data Science Knowledge for Accounting Profession” melalui media Zoom Meeting dan live streaming via Youtube channel HMPSA UKDW. Dalam acara tersebut, HMPSA UKDW menghadirkan dua narasumber dengan latar belakang pendidikan dan profesi yang relevan dengan tema kali ini. Mereka adalah Esther Roseline, seorang praktisi data science lulusan Universitas Pelita Harapan dan Claudia Palembangan, seorang senior auditor di salah satu perusahaan Big Four, yakni Ernst and Young yang merupakan salah satu alumni Universitas Kristen Duta Wacana angkatan 2013.

Perkembangan zaman yang semakin maju ini membuat orang berlomba-lomba untuk menciptakan terobosan yang baru dan modern dengan tujuan untuk mempermudah kelancaran suatu pekerjaan, salah satunya dengan memanfaatkan data science. Pengertian data science sendiri adalah ilmu yang menggunakan data dalam jumlah yang besar dan algoritma yang rumit, sehingga butuh keahlian ilmu komputer yang mendalam. Sayangnya data science seringkali dianggap ‘sulit’ bagi masyarakat. Masyarakat awam mungkin akan berasumsi bahwa data science bukanlah sesuatu yang berhubungan dengan bidang-bidang lainnya. Namun kenyataannya malah sebaliknya, data science dapat membantu banyak pekerjaan, bahkan akuntan sekalipun. Acara ini diharapkan dapat berguna untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang keterkaitan data science seperti yang dikatakan oleh Viola Nextzita selaku ketua pelaksana Career Talk 2022 pada sambutannya “Dengan diadakannya acara ini semoga mahasiswa akuntansi, alumni, dan masyarakat umum menjadi lebih tertarik untuk mempelajari secara lebih mendalam tentang apa itu data science yang berguna untuk pekerjaan di bidang akuntansi.”

Saat pemaparan materi, Esther Roseline yang menjadi narasumber pertama menjelaskan tentang seberapa pentingnya data science di kehidupan kita sehari-hari yang mana semua tidak lepas dari penggunaan serta pengolahan data. Pada sesi berikutnya, narasumber kedua, Claudia Palembangan membawakan materi webinar dengan metode sharing pengalaman pribadinya saat bekerja di salah satu perusahaan Big Four sekarang, tepatnya di perusahaan Ernst and Young (EY). Setelah semua sesi pemaparan berakhir, selanjutnya adalah sesi tanya jawab. Panitia tidak lupa mengadakan sesi Games dan memberikan hadiah berupa dana yang akan dikirimkan ke masing-masing e-wallet pemenang, total terdapat 5 orang pemenang yang terpilih dengan pertanyaan terbaik. Tidak selesai sampai disitu saja, rangkaian acara Career Talk 2022 ini masih dilanjutkan dengan acara gathering yang dihadiri oleh mahasiswa akuntansi antar kampus. Dalam gathering ini, para peserta memasuki breakout room yang telah disediakan oleh panitia. Selama kegiatan gathering, mahasiswa berkenalan dengan mahasiswa dari kampus lain dan melakukan tanya jawab seputar kegiatan masing-masing yang disisipkan pembahasan mengenai data science seperti pembahasan yang sudah disampaikan pada webinar sebelumnya.

Tujuan diadakannya Career Talk kali ini untuk memberikan pemahaman kepada para peserta tentang Data Science, mulai dari pengumpulan data, pengelompokkan data, pengolahan data menggunakan tools, hingga proses penyajian data, selain itu, webinar kali ini juga memberikan gambaran tentang Data Science dalam dunia bisnis, serta memberikan manfaat dan pentingnya peran Data Science untuk karir akuntan. Diharapkan setelah para peserta menghadiri webinar Career Talk, mereka memiliki minat dan rasa ingin tahu yang lebih tinggi lagi di bidang Data Science. Sehingga kelak dapat menjadi akuntan yang relevan di era ekonomi yang ajan terus berkembang dengan pesat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
X