Mengenal HMPSA 2021

Himpunan Mahsiswa Prodi Akuntansi Universitas Kristen Duta Wacana atau yang sering disebut HMPSA UKDW adalah Lembaga Kemahasiswaan di Prodi Akuntansi UKDW. Sebagai Lembaga Kemahasiswaan di Prodi Akuntansi, HMPSA tentunya berfungsi untuk turut mendukung dan berpartisipasi bagi kemajuan Prodi Akuntansi. Peran utamanya antara lain guna membantu dan menunjang pengadaan kegiatan, baik kegiatan akademik maupun kegiatan non-akademik di ruang lingkup Prodi Akuntansi. HMPSA juga diharapkan mampu menjadi wadah atas aspirasi kegiatan mahasiswa Akuntansi, salah satunya penyaluran bakat mahasiswa. Dalam menjalankan tugasnya, HMPSA tahun 2021 ini memiliki struktur kepengurusan sebagai berikut :

Berikut adalah penjelasan mengenai peran dari masing-masing pengurus HMPSA:

  1. BPH (Badan Pengurus Harian), Badan Pengurus Harian merupakan pengurus inti dalam kepengurusan HMPSA UKDW. BPH terdiri dari Ketua Umum, Wakil Ketua, Sekretaris dan Bendahara. Ketua dan Wakil Ketua, dibantu Sekretaris dan Bendahara memiliki tugas untuk mendampingi anggota serta bertanggung jawab atas seluruh kegiatan dan aktivitas yang berkaitan dengan HMPSA. Selain itu, BPH juga berkoordinasi dengan prodi untuk memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang dirasa perlu dan belum terencana pada saat awal kepengurusan.
  2. Divisi Internal, Divisi Internal bertugas untuk membantu memfasilitasi kepentingan internal HMPSA dan bertanggungjawab atas kebutuhan akademik mahasiswa Akuntansi UKDW. Contoh kegiatannya adalah adanya exam preparation dan juga membentuk serta memfasilitasi tim lomba.
  3. Divisi Eksternal, fungsi dari Divisi Eksternal adalah membantu HMPSA dalam membangun relasi dan komunikasi dengan pihak lain, baik dalam maupun luar kampus. Salah satu kegiatan Divisi Eksternal adalah studi banding, dan program kerjanya adalah Career Talk.
  4. Divisi Minat dan Bakat, sesuai namanya, divisi ini memfasilitasi terselenggaranya kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan minat dan bakat para mahasiswa Akuntansi. Kegiatan yang diselenggarakan Divisi Minat dan Bakat tahun ini adalah membuat konten youtube HMPSA serta membentuk e-sport team.
  5. Divisi Akademik, fungsi dari divisi ini adalah membantu mengembangkan potensi akademik mahasiswa. Untuk mencapai tujuannya, Divisi Akademik memiliki program kerja yaitu Accounting Skill Competition (ASIC) yang merupakan rangkaian webinar dan kompetisi paper tingkat nasional.
  6. Divisi Deskominfo, Deskominfo merupakan singkatan dari desain, komunikasi, dan informasi. Divisi ini mengelola media sosial HMPSA guna memberikan segala bentuk informasi serta memfasilitasi segala macam bidang design, editing foto & video. Divisi ini memiliki program kerja berupa pelatihan desain serta editing, yakni Collaboration for Creative (CFC).

Ingin mengenal HMPSA lebih lanjut? Berikut adalah link video profil HMPSA UKDW 2021: https://youtu.be/JFJ8pCntk0o

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
X